Minggu, 06 November 2016

8 Jenis Sate Yang Populer Di Indonesia


Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini,Sate. Walaupun sebenarnya jenis makanan disajikan dengan tusukan di bagian tengahnya tersebut juga banyak dijumpai di negara lain, namun ada sesuatu yang ‘khas’ dari sate yang tersedia di Indonesia. Membuat sate sendiri sebenarnya cukup mudah karena intinya hanyalah potongan daging yang ditusuk dan dilumuri oleh saus dan bumbu. Tergantung dari jenis daging dan daerah mana sate tersebut berasal, masing-masing sate memiliki cara memasaknya sendiri-sendiri serta racikan rasa bumbu siraman yang berbeda juga.Lalu, apa saja jenis-jenis sate yang populer di Indonesia ?  Banyak Jenis Sate Yang Populer Di Indonesia berdasarkan jenis daging yang digunakan dan juga daerah asalnya. Berikut adalah daftarnya:
1. Sate Ayam 
 
Sate ayam merupakan jenis sate yang paling standard dan banyak dijumpai di berbagai tempat di Indonesia.
2. Sate Buntel 
 
Sate buntel merupakan hidangan khasSurakartayang berisikan daging kambing serta dibungkus oleh lemak kambing lalu dibakar dan disajikan dengan bumbu kecap.
3. Sate Kerang
 
Sate kerang yang cukup populer di kotaSurabayaini memasaknya tidaklah dibakar, tetapi direbus. Biasanya, sate kerang dinikmati sebagai pendamping hidangan lontong balap.
4. Sate Kalong 
 
Tidak seperti namanya, sate ini bukanlah terbuat dari daging kalong, melaikan daging kerbau. Sate kalongmemiliki rasa yang cukup manis, hampir seperti dendeng dan sangat populer di daerahCirebon. Konon, disebut sate kalong karena penjualnya menjajakan dagangannya selepas petang hinggamalam hari.
5. Sate Lalat
 
 Mirip dengan sate kalong, sate lalat sebenarnya hanyalah sebuah nama yang diberikan karena potongan daging ayam atau kambing yang digunakan biasanya berukuran kecil, sehingga sering dibandingkan dengan lalat. Sate ini biasa dilengkapi dengan bumbu kacang dan banyak ditemui di daerahPamekasan, Madura.
6. Sate Penyu Untuk yang satu ini, daging yang digunakan memanglah daging penyudan banyak dijumpai diBali. Namun dilindunginya hewan penyu serta tingginya kadar kolesterol dari daging penyu membuat banyak orang sudah mulai meninggalkan hidangan ini.
7. Sate Torpedo Sate torpedo dibuat menggunakan torpedo atau testis dari hewan kambing. Sate torpedo dipercaya mampu meningkatkan potensi seksual seseorang sehingga cukup banyak digemari.
8. Sate Siput Sate siput memang terbuat dari bahan daging siput. Namun, popularitas hidangan ini sudah menurun sejak dinyatakan haram oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar