Senin, 07 November 2016

Makanan Pengubah Mood


Makanan Pengubah Mood ,setiap oranh yang mengalami suasana hati buruk adalah remaja, tapi tidak terlepas kemungkinan manusia dewasa pun dapat mengalaminya. Mood atau suasana hati yang buruk merupakan bagian dari diri kita. Penyebabnya bermacam-macam, bisa berasal dari luar diri kita (eksternal) atau dari dalam diri kita (internal).
Penyebab mood buruk yang berasal dari luar diri kita adalah tekanan dan perubahan dari lingkungan. Tekanan yang dimaksud misalnya dari sekolah, tempat kerja, atau lingkungan.
Perubahan lingkungan didapat seorang remaja ketika ia menghadapi yang namanya “galau” atau kebingungan atas perasaan mereka sendiri terhadap lingkungan sekitar. Rata-rata remaja ingin merasa bebas tanpa diatur oleh siapa pun. Di sisi lain ia harus menghormati dan mematuhi aturan yang ditetapkan oleh orang tua atau orang dewasa lainnya.
Selain tekanan dan perubahan dari lingkungan sekitar, mood buruk berasal dari dalam diri kita sendiri. Bagi remaja yang sedang pubertas, perubahan hormon bukan hanya menimbulkan perubahan fisik tapi juga suasana hati yang gampang berubah atau mood swing.
Bad mood harus diwaspadai apakah hanya sekedar suasana hati yang buruk atau malah ternyata depresi.
Mengatasi mood buruk selain mencoba untuk mengubahnya lewat perbuatan dan motivasi dari dalam diri sendiri, ternyata bisa didapatkan dari apa yang kita makan. Yap, makanan tertentu dapat merubah suasana hati kita.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh NPR, Robert Wood Johnson Foundation, dan Harvard School of Public Health; satu per tiga partisipan mengatakan mereka megalihkannya ke makanan untuk membuat perasaan nyaman ketika mendapat waktu-waktu yang membuat stres. David Ludwig, profesor pediatrik dan nutrisi dari Universitas Harvard dan peneliti dari Rumah Sakit Anak-anak Boston, mengatakan bahwa hal tersebut malah dapat membahayakan. Kebanyakan makanan yang dimakan bukannya membuat stress hilang malah membuat stress yang baru akibat dari hormon dan gula darah yang meningkat. 

Jadi jika ingin menghilangkan mood buruk, kita tidak boleh asal makan saja ya.

Mood baik tentu didapat dari makanan yang baik juga. Berikut adalah daftar Makanan Pembangkit Mood Baik atau suasana hati kita menjadi lebih baik.

1. Teh
Makanan Pengubah Mood yang pertama adalah teh. Sebuah penelitian meminta partisipan untuk meminum teh sebanyak 4 cangkir selama 6 minggu. Hasilnya, dibandingkan partisipan yang meminum minuman lain, para partisipan peminum teh merasa lebih tenang dan memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah setelah mendapatkan situasi pemicu stres. Teh hitam dapat menghilangkan stres lebih cepat daripada teh lainnya, sementara itu teh chamomile telah lama digunakan untuk menenangkan kegelisahan dan meredakan stres.
2. Telur
Makanan Pengubah Mood yang selanjutnya adalah telur. Sebutir telur mengandung kalsium, zat besi, seng, selenium, fosfor, dan vitamin A, D, E, dan K. Semua itu membuat telur menjadi salah satu makanan paling bernutrisi. Psikiatris dari Universitas Columbia dan penulis “The Happiness Diet”, Drew Ramsey, menyarankan makanan kaya nutrisi untuk mengatasi stress dan scrambled egg merupakan pilihan favorit saat sarapan untuk mengurangi kecemasan.
3. Wortel dan Seledri
Makanan Pengubah Mood wortel dan seledri dikenal sebagai bahan makanan yang renyah dan dapat dimakan tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Mengunyah merupakan salah satu pekerjaan fisik yang dapat meredakan stres, dan hal ini dapat sangat membantu bagi orang-orang yang suka “menggiling” dengan giginya. Selain itu, wortel dan seledri juga dapat melawan bau mulut.




 
4. Kuaci
Makanan Pengubah Mood kuaci merupakan camilan berupa biji semangka, biji labu, atau biji bunga matahari yang dikeringkan. Kelebihan kuaci adalah kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi. Kandungan magnesium yang tinggi dapat membuat penggemar kuaci dijauhkan dari stress, migraine, dan menjaga mereka untuk tetap rileks atau santai.



5. Dark Chocolate
Makanan Pengubah Mood dark chocolate atau cokelat hitam adalah cokelat yang kandungan susu dan gulanya paling rendah dibanding cokelat lainnya. Cocoa flavanol dalam cokelat dapat membantu meningkatkan mood baik dan mempertahankan pikiran jernih. Dan penelitian lanjutan menyatakan bahwa dark chocolate mampu meningkatkan perasaan baik dan mengurangi stress.



buat kalian yang lagi bad mood makan Makanan Pengubah Mood ini kalian dijamin bisa mengubah mood kalian. Semoga  mood kalian bisa berubah y a guyss...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar